Wawancara Pembantu Dekan III FKG UNPAD

Pembantu Dekan III Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran

Nama                                     : drg. Eka Chemiawan MS.MH..Kes

Tempat tanggal lahir       : Bandung, 24 oktober 1959

Agama                                    : Islam

Riwayat Pendidikan          :

SD KPPK kimia farma

SMPN 2 Bandung

SMAN 2 Bandung

S1 FKG UNPAD

S2 FKG UNPAD

Hasil Wawancara    :

Apa yang bisa membuat bapak bisa menjadi sekarang ini?

Intinya adalah silahturahmi, selalu berhubungan baik dengan semua orang, tetapi saya punya pandangan bahwa kita harus mempunyai nilai tambah. apapun dimanapun kita berada kita tidak boleh biasa – biasa saja. oleh karena itu kita harus mengembangkan tiga hal, yaitu olahraga, olahrasa, dan olahrasa. dari situlah saya mengoptimalkan semua potensi yag saya miliki.

Aktifitas organisasi?

Sebenarnya latar belakang saya adalah orang yang pemalu dan sedikit minder karena ukuran waktu itu adalah kekayaan. karena itu saat kebanyakan anak – anak setelah sekolah bermain kesana-kemari saya malah

Alasan menjadi pemimpin?

Karena lingkunganlah yang membawa seperti itu, karena pada saat kita berinteraksi disaat yang lain mengajukan 1 pertanyaan saya 2 pertanyaan, saat yang lain hanya berbicara saya memberi konsep.

Kepemimpinan yang baik itu seperti apa?

kepemimpinan yang baik adalah kepemimpinan yang mau mendengar pendapat orang lain, kalo itu tidak dpenuhi maka akan terjadi arogansi dan otoriter. percuma jika pemimpin serba bisa tetapi dibenci orang.

Siapa yang menjadi panutan bagi bapak?

Jelas adalah Rasulullah Muhamad SAW.

Pemimpin ideal itu yang bagaimana?

Sulit jika kita mengikuti semua sifat amanah, tabligh, siddiq, fatonah dll. yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Tetapi yang paling mudah adalah bagaimana kita dipercaya oleh orang lain. Itupun melalui proses yang panjang untuk mendapatkan kepercayaan orang lain secara penuh.

Pernah menemui hambatan?

Sebelum saya seperti sekarang ini 15 tahun saya berjuang keras dari bawah, banyak hambatan yang ditemui sepanjang 15 tahun itu. tetapi Alhamdulillah sekarang Allah SWT telah memberi kemudahan.

Saat awal menjadi PD3 saya sedikit heran karena aktivitas kemahasiswaan FKG tidak ada sama sekali alias 0. Maka saya mulai membangun sedikit demi sedikit agar kegiatan mahasiswa disini lebih berkembang.

Apakah wadah kemahasiswaan di Unpad sekarang sudah mencukupi kebutuhan mahasiswa itu sendiri?

Luar biasa, saya sangat memuji kreativitas mahasiswa Unpad sekarang. Tinggal diarahkan individu – individu agar terbentuk system yang baik. Sebagai mahasiswa kalian harus mengetahui tupoksi kalian yaitu kuliah. Jadi walaupun kegiatan kemahasiswaan penting, tugas no.1 tetap adalah kuliah.

Mengapa kita semua ada disini, Karena adanya mahasiwa. jadi layani mahasiswa sebaik mungkin

Apa harapan bapa yang ingin dicapai ke depannya?

Saya hanya ingin melihat anak saya (mahasiswa beserta keluarganya : red) tumbuh dewasa, mensyukuri nikmat dari allah.

Saya ingin unpad yang focus pada pemberdayaan mahasiswa Karena mahasiswa adalah modal dari segalanya

Saran untuk pemimpin

Dia harus bisa merasakan orang yang lebih rendah kedudukannya daripada dia, jadi tidak akan ada lagi kebijakan-kebijakan yang dapat meragukan orang lain.

Pendapat Kelompok :

Dari hasil wawancara kami dengan beliau, beliau cukup bersahabat dengan kami. Gaya kepemimpinan beliau tumbuh dengan sendirinya karena lingkungan sekitar, jika ditelaah dari hasil wawancarannya. Beliau merupakan orang yang bisa dibilang kreatif, dilihat dari beberapa kegiatan yang ia buat sewaktu beliau masih muda dengan segala keterbatasannya.

Dan berikut adalah beberapa kesimpulan kelompok kami :

  1. Beliau sangat mengutamakan dan menjaga tali silaturahmi karena dengan begitu beliau mempunyai banyak teman sampai sekarang.
  2. Beliau bisa sampai sekarang yaitu menjadi Pembantu Dekan III FKG UNPAD. Karena ia banyak belajar dari lingkungan. Dari bagaimana ia dipimpin dan memimpin.

Ketika kami cermati dari hasil wawancara kami, baik terulis maupun secara langsung, beliau memliki gaya tipe kepemimpinan Pseudo – Demokratis. Tipe ini disebut juga semi demokratis atau manipulasi diplomatic. Pemimpin yang bertipe pseudo-demokratis hanya tampaknya saja bersikap demokratis padahal sebenarnya dia bersikap otokratis. Misalnya jika ia mempunyai ide – ide, pikiran, atau konsep yang ingin diterapkan di lembaga Pendidikannya, maka hal tersebut akan dibicarakan dan dimusyawarahkan dengan bawahannya, tetapi situasi diatur dan diciptakan sedemikian rupa sehingga pada akhirnya bawahan didesak agar menerima ide atau pikiran tersebut sebagai keputusan bersama. Pemimpin ini menganut demokrasi semu dan lebih mengarah kepada kegiatan pemimpin yang otoriter dalam bentuk yang halus, samar – samar, dan yang mungkin dilaksanakan tanpa disadari bahwa tindakan itu bukan tindakan pimpinan yang demokratis. Tapi untuk beliau, ia cenderung kearah demokratis.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa pencetus Unpadnisasi ialah beliau, beliau khawatir pada sikap mahasiswa Unpad pada saat itu terlalu membanggakan Fakultasnya, padahal ketika mahasiswa itu keluar ( lulus : red ) ia membawa nama Unpad bukan Fakultasnya lagi.

Dan bagaimana dengan kepemimpinan beliau untuk Unpad? Cocokkah untuk saat ini dan kedepannya?

Kelompok kami setuju dengan tipe kepemimpinan beliau yang Pseudo – Demokratis untuk Unpad saat ini namun cenderung kearah Demokratis, kenapa demikian? Karena Meskipun kepemimpinan beliau agak Otoriter ia selalu mendengarkan pendapat orang lain sebelum mengambil keputusan yang ia buat. Salah satunya yaitu keputusannya mengenai Unpadnisasi, jika beliau tidak segera untuk memaksakannya, kapan lagi Unpad itu akan satu?

Namun untuk kedepannya kepemimpinan beliau untuk Unpad kami rasa cocok, karena jika tipe kepemimpinan beliau adalah Demokratis, sulit untuk mengambil keputusan karena proses pengambilan keputusan akan memakan waktu yang lebih banyak dan sulitnya tercapai kesepakatan, lain dengan tipe kepemimpinan beliau yang Pseudo – Demokratis namun cenderung kearah Demokratis.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: