Insan dalam Kepemimpinan

Tiap insan manusia adalah seorang pemimpin bagi dirinya sendiri, meskipun tidak semua orang menjadi pemimpin tetapi secara misi (tanggung jawab hidup) semua orang adalah pemimpin, namun apa yang membedakan antara satu orang (pemimpin) dengan orang yang lainnya? Salah satunya yaitu adalah sebuah keputusan. Kepemimpinan melainkan sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan diri seseorang menemukan visi misi hidupnya, ketika setiap ucapan dan tindakannya mulai memberikan pengaruh kepada lingkunganya dan ketika keberadaannya mendorong perubahan dalam organisasinya, saat itulah seorang pemimpin sejati lahir. InsyaAllah.

 

Tugas seorang pemimpin secara misi adalah mengambil keputusan untuk dirinya utnuk meraih apa yang diinginkan dengan menggunakan sumber kekuatan yang dimiliki. Mengapa keputusan begitu penting bagi seorang pemimpin? Karena dengan keputusannya itulah ia mampu merubah nasib organisasi yang ia pimpin.

 

Dan apa yang kita lakukan bukanlah hasil dari apa yang keadaan suruh tapi hasil dari apa yang disuruh oleh keputusan kita. Keputusan itu adalah jembatan tunggal antara kreasi mental (apa yang ada di kepala kita) dan kreasi fisik ( apa yang kita lakukan). Sebuah keputusan yang dibuat oleh seorang pemimpin yang penting adalah :

 

  1. Kesadaran untuk meraih prestasi kearah yang lebih tinggi dengan menggunakan kemampuan yang kita miliki.
  2. Kemauan keras, dimana pun, apa pun dan dalam keadaan apapun kita, pilihan selalu terbuka anntara kita memliki kemauan keras dank eras kepala. Kemauan keras adalah dorongan yang mucul dari dalamdiri kita untuk maju sedangkan keras kepala adalah dorongan yang muncul dari dalam untuk menolak kemajuan
  3.  

  4. Fakta yang mendukung kemaun dan kesadaran
  5.  

  6. Kepercayaan diri
  7.  

  8. Keberanian yang didasari landasan berani karena kita memiliki landasan yang benar untuk berani, bukan sekedar landasan yang kita kita benarkan sendiri.

 

Itulah yang membuat antara pemimpin dengan seorang manager mempunyai peranan berbeda, jika pemimpin “ Do the right things” sedangkan manager “Do a things right” (saya lupa baca hal ini di buku apa).

 

Seorang pemimpin juga harus mempunyai visi, visi adalah apa yang dicetak oleh pikiran kita tentang diri kita di masa depan, atau apa yang dibayangkan oleh ktia tentang diri kita di kepala tentang hari depan. Ibarat sebuah naskah film apakah anda membayangkan diri anda sebagai seorang pahlawan yang menang atau seorang pecundang yang kalah dan selalu menjadi korban? Visi yang jelas ke depan, yaitu apa yang dicetak oleh imajinasi kita adalah apa yang akan dicetak oleh tindakan kita. Seorang pelukis yang menghasilkan karya seni indah tidak langsung mencoret – coret kertas dengan pena lukis, mereka melukis terlebih dahulu di kanvas imajinasinya, baru dituangkan ke atas kertas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: