Managing People

Peran SDM dari suatu kepanitian memiliki peran yang sangat teramat penting, terlebih lagi pada kegiatan PAB ini yang membutuhkan SDM yang sangat banyak dengan peserta yang banyak pula. Lalu bagaimana me-manage SDM yang begitu banyak?

 

Pertama, visi misi yang jelas. Visi misi yang dibuat ketua haruslah jelas dan seluruh panitia yang ada didalamnya harus paham betul apa yang akan dicapai dan dituju pada kepanitiaaan itu, karena bagaimana mereka bisa berkerja maksimal dan mempunyai komitmen yang lebih jika mereka tidak tahu apa yang mereka kerjakan itu teruntuk apa.

 

Kedua, kekuatan sinergi. Tiap panitia yang ada di kepanitiaan tersebut harus mengerti peran apa saja yang mereka miliki, jadi ada kesinambungan antar bidang satu dengan bidang yang lainnya tanpa harus saling mendahului. Seperti salah satunya adanya jalur komando di panitia tersebut, misalkan jalur komando itu adalah Ketua Pelaksana < > Kabid < > Koorbid < > Wakorbid < > Operational Committee. Jadi jelas hubungan peran tersebut ada dimana dan bagaimana memaksimalkannya.

 

Ketiga, pengembangan kompetensi. Ketika tiap panitia sudah tahu apa perannya di kepanitiaan tersebut, alangkah baiknya kita mengembangkan kemampuan mereka di bidang yang diminatinya sehingga ketika sinergisitas tersebut dibutuhkan mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.

 

Dari ketiga point tersebut memang secara gamblang hanya dijelaskan garis besarnya saja, dan ada hal yang terpenting dari itu semua mengenai bagaimana kepanitiaan itu bisa berjalan dengan baik yaitu, Komunikasi, Kepercayaan dan Kekeluargaan akan Keprofesionalan.

 

Komunikasi yang baik secara menyeluruh dari ketua pelaksana (Core Committee) hingga ke OC haruslah terjalin baik. Hingga CC itu tahu apa yang dibutuhkan oleh teman – teman OC nya begitu juga dengan OC yang tahu keadaan Panitia Inti bagaimana. Ketika bentuk komunikasi sudah tercapai dengan maksimal disinilah bentuk kepercayaan antar panitia tumbuh, saling membutuhkan dan saling tergantung akan perannya masing – masing. Begitu juga dengan rasa Kekeluargaan.

Insya Allah

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: